Kamis, 17 Juni 2010


merupakan salah satu tempat wisata alam yang asri yang terletak di kabupaten batang yaitu wisata kebun teh.

Kamis, 10 Juni 2010

Gb
Kamis, 10/06/2010 17:19 WIB

8 Miliuner RI Buru Ferrari 599 GTO

Mobil tercepat yang dimiliki Ferrari saat ini, Ferrari 599 GTO ternyata juga diminati oleh miliarder asal Indonesia. Bahkan beberapa orang sudah ada yang berani memesan mobil eksklusif yang hanya dibuat sebanyak 599 unit ini. foto

Berita Terkait :

sumber: Detik.com

Kamis, 10/06/2010 16:11 WIB

Audi R8 e-Tron Mulai Cicipi Jalan Raya

Gb
Meskipun baru akan diproduksi mulai tahun 2012, namun supercar bertenaga listrik All Wheel Drive Audi R8 e-Tron sudah terlihat mulai mencicipi jalan raya di Jerman. foto tv

sumber: Detik.com
Kamis, 10/06/2010 15:50 WIB

Wow, Ferrari 458 Italia Masuk RI

Gb
Mobil eksotis yang akan menjadi bintang di film Transformers 3 yakni Ferrari 458 ternyata akan segera masuk Indonesia. Kemungkinan mobil sport menawan dari Italia tersebut akan segera masuk ke Indonesia pada bulan Juli mendatang.

sumber: Detik.com

Sabtu, 05 Juni 2010

MotoGP
Rossi Cedera, Jalan Lorenzo Kian Mulus
Minggu, 6 Juni 2010 | 07:21 WIB
AFP/JEAN FRANCOIS MONIER
Jorge Lorenzo, jalannya menuju gelar juara dunia MotoGP 2010 kian terbuka lebar karena Valentino Rossi akan absen di beberapa seri ke depan akibat cedera patah kaki.

MUGELLO, Kompas.com - Valentino Rossi mengalami kecelakaan yang buruk pada latihan di Sirkuit Mugello, Italia, Sabtu (5/6/10) pagi. Menjelang sesi tersebut selesai, "The Doctor" jatuh dan kaki kanannya patah, sehingga dipastikan bakal absen dalam beberapa seri ke depan.

Praktis, kenyataan ini membuat peluang Rossi, yang harus menjalani operasi, untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP 2010 tertutup. Dan, peraih tujuh gelar juara kelas premier ini membuka kesempatan yang sangat lebar bagi rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo, untuk menjadi suksesornya.

Saat ini, Lorenzo memimpin klasemen sementara setelah balapan sudah menyelesaikan tiga seri. Pebalap asal Spanyol ini akan mengawali balapan hari Minggu (6/6/10) di Mugello, dengan unggul sembilan poin atas Rossi. Tetapi karena Rossi dipastikan absen, maka Lorenzo kini memimpin 28 poin atas pebalap Repsol Honda Andrea Dovizioso, yang berada di urutan tiga.

Usai kualifikasi di rumah Rossi mana dia berada di urutan dua, di belakang rekan Dovizioso, Dani Pedrosa, Lorenzo memberikan reaksi atas cedera Rossi. Mantan juara dunia dua kali kelas 250cc ini mengaku sedih.

"Pertama saya ingin menyampaikan kesedihanku untuk Valentino," ujar Lorenzo, yang mengalami cedera tangan akibat kecelakaan, pada debutnya di MotoGP tahun 2008.

"Saya tahu bagaimana buruknya jika cedera, khususnya di rumah sendiri, dan itu kelihatan sangat menyakitkan baginya. Saya berharap dia segera sembuh karena kompetisi tidak akan sama jika tanpa dia," lanjut Lorenzo.

"Kami ingin menyampaikan betapa sedihnya kami; setiap orang ingin mengalahkannya tetapi hanya di atas trek balapan dan semua pebalap dan anggota tim kami sedih karena dia tidak bisa membalap," komentar manajer tim Lorenzo, Wilco Zeelenberg.

Namun di sisi lain, tanpa Rossi, perjalanan Lorenzo menuju tangga juara dunia akan semakin mulus. Pebalap berusia 23 tahun ini berpeluang besar menjadi juara dunia baru, asal bisa menghindari beberapa kesalahan fatal.

"Saya memiliki kecepatan yang bagus, ban Bridgestone terasa baik dan saya pikir saya bisa bertarung saat balapan nanti," ungkap Lorenzo, yang memenangi dua balapan terakhir. "Kami harus tetap tenang, fokus dan konsentrasi, dan semoga balapan di Italia ini bagus untuk kami, di rumah dari kebanyakan orang di timku."

"Sekarang adalah waktunya untuk tetap fokus dan tidak membuat kesalahan, kami memiliki kecepatan yang bagus dan sekarang kita akan melihat bagaimana hasil balapan nanti," tambah Zeelenberg.

Kami harus tetap tenang, fokus dan konsentrasi, dan semoga balapan di Italia ini bagus untuk kami, di rumah dari kebanyakan orang di timku
-- Jorge Lorenzo

sumber: Kompas.com

Jumat, 04 Juni 2010

Tips Mencari Tiket Murah, Mau?
Jumat, 4 Juni 2010 | 19:03 WIB
KOMPAS/BENNY DWI KOESTANTO
ilustrasi

KOMPAS.com - "Gimana sih Var caranya beli tiket-tiket pesawat murah gitu? Kok kayaknya sering banget dapet?”

Sebenarnya saya juga bingung menjawabnya. Saya sendiri merasa tidak selalu beruntung dapat tiket harga murah ataupun promo. Kadang kalau sudah pengen jalan, ya udah deh beli walaupun harga normalnya, tidak bisa dibilang murah, maka dikorbankan pengeluaran lainnya dengan misalkan cari penginapan yang lebih murah supaya agak seimbang secara anggaran.

Perkenalan saya dengan beberapa maskapai murah meriah, kita sebut aja gitu ya para Low Cost Carrier ini, dimulai sejak munculnya maskapai murah meriah yang terkenal dari Malaysia itu di Indonesia, saya lupa tahun berapa itu tapi yang jelas mungkin saya salah satu pembeli tiket pertama rute Jakarta - Johor Bahru (yang sekarang sudah tidak ada).

Kemudian baru saya mulai melirik maskapai A, B, C dan almarhum Adam Air untuk penerbangan domestik lokal. Selama ini jujur saja sebagai pemegang Frequent Flyer Platinum maskapai nasional kita ya saya tahunya cuma naik maskapai itu kemana-mana, mau domestik kek, international flight kek, semua pakai maskapai nasional kita itu. Juga semua booking saya lakukan masih manual, lewat travel agent, belum ngetop juga yang namanya beli tiket pesawat online.

Tapi sejak maskapai murah meriah dari Malaysia itu membuka penjualan tiket pesawat online di Indonesia, wah mulai deh melek mata saya. Sebagai orang yang cukup technology & internet savvy, saya rajin berat mantengin internet, mau di kantor maupun rumah. Google jadi sahabat akrab kalau udah urusan jalan-jalan. Saya tidak pernah baca buku travel guide kalau mau merencanakan trip, selalu googling. Termasuk juga urusan cari maskapai murah meriah ini.

1. Daftarkan email anda untuk mendapatkan promosi dari maskapai. Saya memulainya dengan satu-persatu website maskapai murah meriah dari berbagai negara saya koleksi dan saya daftarkan 1 alamat email yang saya dedikasikan untuk urusan jalan-jalan. Hal ini menjadi salah satu upaya saya untuk ‘menangkap’ promo terbaru apa yang ada di maskapai murah meriah tersebut.

Beberapa alamat maskapai murah meriah yang saya ‘koleksi’ adalah sebagai berikut bisa dicontek dari halaman wikipedia ini. Semua website maskapai yang sekiranya cukup penting saya bookmark agar mudah mencarinya jika saya butuhkan. Plus siap-siap begadang kalau sudah terima email pengumuman sale yang biasanya dibuka perdana dari tengah malam, umumnya akan sulit login ke website tersebut jadi waktu favorit saya adalah sekitar pukul 2-4 dini hari untuk berburu saat sale tersebut.

2. Tentukan tujuan berlibur atau jalan-jalan. Ya iyalah, kalau nggak gitu susah juga mau cari promo tiketnya maupun untuk menentukan anggaran. Akan tetapi memang kadang gini, kalau ada maskapai yang sedang mengadakan sale, jadilah kita kalap cari tiket kemana aja deh asal dapat yang murah. Ya kan? Menurut saya apalagi kalau keuangan sangat menentukan keputusan untuk berlibur maka sebaiknya ‘tahu diri’. Jadi seleksi saja sendiri email promo dari maskapai mana yang kira-kira ingin diambil.

3. Hafalkan atau paling tidak punya kalender libur nasional 1 tahun ke depan. Bukannya mau jadi peramal, tapi seringkali promo tiket yang diberikan bisa dibeli makin murah untuk tahun depan. Saya sering sekali membeli tiket 6 hingga 8 bulan sebelum keberangkatan. Gila murahnya. Seperti waktu saya pergi ke Laos, saya beli 11 bulan sebelumnya dengan tiket promo pulang pergi berdua suami itu ke Vientiane via KL hanya Rp 2,1 juta! Tapi jangan lakukan ini kalau anda tidak punya keleluasaan ambil cuti kantor seperti saya atau berniat untuk hamil ataupun punya riwayat penyakit berat.

4. Punya peta dunia atau google maps juga boleh. Saya kebetulan punya background geografi yang cukup bagus karena saya memang suka mengamati peta dari kecil, kebiasaan yang ternyata sangat membantu saya ketika sudah sering jalan. Saya bisa banget baca peta, dan menurut saya ini esensial banget kalau mau jadi traveler.

Fungsinya punya peta dunia adalah supaya dapat membayangkan jarak yang harus ditempuh dari satu kota ke kota lain, atau mencari option kota transit yang lebih baik bisa juga untuk mencari kira-kira kota mana lagi yang bisa ditempuh bersamaan dalam satu trip. Ini penting, apalagi kalau kita ingin jalan darat dengan kereta atau bus, supaya langkah berikutnya dalam mencari moda transpor lebih mudah.

5. Punya Kartu Kredit. Ini sebenarnya nggak wajib-wajib amat. Umumnya kalau tiket pesawat yang harus dibeli online itu mewajibkan pemilik kartu kredit untuk ikut dalam perjalanan tersebut. Saran saya, miliki 1 kartu kredit khusus traveling yang dapat bermanfaat kembali nilai point-nya untuk dapat free flight/mileage lagi plus memiliki akses ke Executive Lounge. Ini lumayan banget buat ngaso di bandara domestik kita, apalagi kalau pesawat tiba-tiba delay.

Rekomendasi saya adalah beberapa kartu kredit yang joint promo dengan maskapai. Umumnya semua akan menawarkan point belanja berupa mileage yang dapat di-redeem menjadi penerbangan tertentu. Saya sudah pernah jalan-jalan gratis ke Padang, Singapura, Sydney dan Bali berkat tukar mileage kartu kredit.

6. Teliti dengan jam penerbangan jika ingin melakukan perjalanan point to point (tujuan menyambung) dalam 1 hari. Maksudnya perjalanan point to point adalah, misalkan tujuan utama Anda adalah ke Hong Kong menggunakan maskapai A, namun karena tidak ada rute langsung dari Jakarta ke Hong Kong dengan maskapai tersebut melainkan misalnya dari KL baru ada, maka Anda harus ambil penerbangan dari Jakarta ke KL dahulu baru setelah itu KL ke Jakarta.

Kalau ternyata jam penerbangannya dalam satu hari terlalu berdekatan, sisakan waktu paling tidak 4-5 jam untuk jeda point Jakarta-KL dengan point KL-Hong Kong, karena Anda harus mempertimbangkan proses imigrasi dan pengambilan bagasi begitupun dengan proses check-in, imigrasi dan boarding penerbangan point selanjutnya.

7. Teliti dalam membeli layanan tambahan dalam penerbangan. Maskapai murah meriah kini kerap menggunakan berbagai cara untuk menjebak pelanggan agar membayar lebih untuk berbagai fitur atau layanan tambahan. Yang dimaksud dengan menjebak disini adalah, mengeluarkan berbagai komponen yang semula merupakan layanan pasti jika kita membeli tiket pesawat di maskapai besar dan memberikan ekstra biaya agar kita memperoleh layanan tersebut. Layanan tambahan yang kini harus berbayar adalah:
a. Bagasi 15 kg (dan lebih), makin berat bagasinya makin mahal biayanya, aturan tas tangan yang masuk kabin kini makin ringan, hanya 7 kg untuk maskapai terkenal murah meriah dari Malaysia itu dan umumnya 10 kg untuk maskapai lain.
b. Makanan dan minuman. Kalau untuk perjalanan domestik mungkin tidak terlalu berat membayar dalam rupiah, namun jika perjalanan keluar negeri itu kita akan dikenakan biaya sesuai dengan mata uang negara keberangkatan, jatuhnya akan lebih mahal untuk makanan atau minuman yang sama.
c. Nomor tempat duduk. Mau duduk di samping jendela atau dimanapun jika Anda mau pilih nomor sendiri kini bisa dikenakan biaya tambahan.
d. Asuransi. Jika sudah punya asuransi perjalanan sendiri, sudah tentu tidak perlu membeli lagi namun jika untuk perjalanan cukup jauh, saya sarankan membelinya.

8. Rajin datang ke Pameran Wisata/Travel Expo. Umumnya pameran ini diselenggarakan 3-4 kali dalam setahun. Sepengamatan saya umumnya di bulan November, Maret, Mei dan Agustus. Jadi rajin-rajinlah mencari info tentang pameran ini, biasanya kalau di Jakarta diadakan di Jakarta Convention Center. Tapi kadang juga ada di mal besar kawasan Kelapa Gading ataupun Senayan.

Pada saat pameran ini justru saatnya promo berbagai maskapai internasional menawarkan harga tiket yang cukup murah. Dengan kualitas layanan yang lebih baik rasanya harga promo yang ditawarkan tidak kalah murah dengan maskapai-maskapai murah meriah itu.

9. Ikutan milis traveling. Ini cukup membantu karena banyak sekali info yang bisa didapat untuk perjalanan murah meriah tidak hanyak promo tiket pesawat. Plus Anda bisa bertanya pengalaman para peserta forum/milis mengenai maskapai yang Anda ingin tumpangi. Lumayan survei gratis kan. (Vari Sapi Lucu)

Artikel lainnya bisa dilihat di http://wisata.kompasiana.com

Memburu Kabut Mistis Candi Borobudur
Kamis, 27 Mei 2010 | 16:38 WIB
KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT
Candi Borobudur dengan stupa induk sebagai puncak candi di tengah kabut pagi difoto dari Puntuk Situmbu, Dusun Kurahan, Desa Karang Rejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2010). Candi Borobudur dibangun sekitar abad VIII pada masa wangsa Syailendra berkuasa. Tahun 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

TANAH masih basah bekas siraman hujan petang kemarin. Lagkah-langkah kaki terus menapaki jalan setapak menanjak menembus pagi buta yang dingin. Penerangan satu-satunya yang ada hanya titik lampu senter dari dua orang warga dusun yang memandu empat orang pendatang menuju kawasan puncak puntuk atau bukit Situmbu.


Sejak pukul 4.30 WIB mereka bergerak dari perkampungan di Dusun Kurahan, Desa Karang Rejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, untuk membelah hutan yang ditumbuhi pepohonan jati dan sengon. Berselang 20 menit mereka tiba di kawasan puncak yang lapang, sebuah titik bagi mereka untuk memulai berburu foto kabut menyelimuti Candi Borobudur.

Ketika fajar perlahan muncul di antara lereng Gunung Merapi dan Merbabu, saat itulah Candi Borobudur seperti menyembulkan stupa induk yang merupakan puncak candi di tengah semaian kabut tebal. Saat itu juga dengan perlahan arsitektur candi abad ke VIII tersebut terasa memancarkan keajaiban, mistis, dan sunyi.

Kekuatan itu semakin dalam, karena kabut menyelimuti sekelompok orang di bawahnya yang amat takzim kepada para bhikku dan umat yang bersiap menanti tibanya detik-detik Tri Suci Waisak 2010 besok paginya di pelataran candi.

Perburuan belum berhasil. Mereka, para fotografer harus sabar menunggu kabut berarak, berharap kabut kian menipis sehingga puluhan stupa menampakan keutuhannya sebagai bagian candi yang siluet.

Walaupun langit tampak cerah dan masih terlihat sisa bintang, kabut tidak serta merta cepat menipis. Cuaca sulit ditebak oleh mereka, karena memang petang kemarin kawasan setempat diguyur hujan.

Perhitungan

Nuryanto, 30 tahun, salah seorang pemandu mengatakan, butuh perhitungan yang tepat saat memotret Candi Borobudur diselimuti kabut tipis di puntuk Situmbu. Biasa menurutnya sepanjang Juni hingga Agustus adalah waktu yang bagus untuk memotret.

"Di luar bulan tersebut biasanya selalu hujan dan candi tidak terlihat sama sekali dari sini (puncak) karena dipastikan sangat lama tertutup kabut tebal, kalaupun cerah, posisi matahari kurang tepat sehingga kurang bagus," terangnya.

Bahkan, menurutnya beberapa wisatawan maupun fotografer harus berkali-kali ke puncak bukit tersebut untuk mendapatkan momen buruannya. Seperti halnya Heru Sri Kumoro, fotografer Kompas di Solo, setelah yang kedua kali ke sana baru dia bisa mendapatkan lanskap candi.

Selama 2010 ini tercatat ratusan orang telah mendaki kawasan. Pada bulan tertentu misalnya bulan Agustus para wisatawan mancanegara ramai berkunjung. "Tapi sering juga tidak ada wisatawan satupun dalam hari dan bulan tertentu karena musim hujan dan cuaca dirasa tidak mendukung," terang Riyakub, pemandu lainnya.

"Jika langit bagus, paling lambat pukul lima kita sudah harus mendaki, biar kita tidak kehilangan pemandangan," tambahnya.

Sejak dua tahun lalu, puncak bukit tersebut telah dikelola sebagai salah satu tujuan wisata panorama matahari terbit serta kabut candi. Dusun Kurahan ditempuh sekitar 20 menit perjalanan kendaraan bermotor dari Candi Borobudur. Di pos awal pendakian, wisatawan dapat memarkir kendaraannya dan di pos itu juga biasa sudah menunggu para pemandu dari pemuda dusun setempat.

Koperasi desa menarik uang sebesar Rp 15.000 per pengunjung untuk pemasukan kas desa. Itu sudah termasuk jasa memandu treking menuju puncak yang ditempuh selama 15-20 menit. Harga tersebut tentu sangat tidak memberatkan dibanding kepuasan meresapi keindahan sekaligus daya mistis Candi Borobudur. FIA

Foto lainnya di: KOMPAS IMAGES